Jumat, 26 Februari 2010

Gelombang Transversal

Jumat, 26 Februari 2010
Salah satu bagian dari gelombang adalah gelombang transversal. Apakah gelombang transversal itu?. Gelombang trasnversal adalah gelombang yang terjadi jika partikel-partikel mediumnya bergetar ke atas dan ke bawah dalam arah tegak lurus terhadap gerak gelombang. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita menggerakan tali naik turun, tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah gerak gelombang.
Perlu diingat bahwa gelombang transversal yang terjadi pada tali, tidak melibatkan perpindahan partikel. Partikel pada tiap titik di tali tetap berada pada posisi masing-masing saat gelombang terjadi. Terbentuknya gelombang pada tali diakibatkan getaran yang beraturan dan berurutan pada tiap partikel di tali. Getaran dapat terjadi pada partikel karena adanya energi yang diberikan pada tali, dan merambat hingga ke ujung tali. Itulah sebabnya seluruh partikel dapat bergetar dan membentuk gelombang. Kita dapat melihat skema getaran pada partikel tali dari gambar disamping:

Berikut ini adalah skema utuh dari gelombang transversal yang terjadi pada tali beserta bagian-bagiannya.


Berdasarkan gambar diatas, tampak bahwa gelombang merambat ke kanan pada bidang horisontal sedangkan arah getaran naik turun pada arah vertikal. Garis putus-putus yang digambarkan di tengah sepanjang arah rambatan gelombang menyatakan posisi setimbang medium (misalnya tali atau air). Titik tertinggi puncak gelombang disebut puncak dan titik terendah disebut lembah. Amplitudo adalah ketinggian maksimum puncak dan kedalaman maksimum lembah diukur dari posisi setimbang. Jaran pada dua titik yang sama dan berurutan pada gelombang disebut panjang gelombang (lamda-huruf Yunani). Panjang Gelombang juga bisa dianggap jarak dari puncak ke puncak terdekat atau lembah ke lembah terdekat. 

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan meninggalkan pesan jika posting ini berguna/menarik bagi anda. Thx before :-)