Jumat, 26 Februari 2010

Fisika Gelombang

Jumat, 26 Februari 2010
Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang sangat berkembang pesat hingga saat ini. Sangat banyak penemuan penting dalam bidang fisika tentang misteri alam. Ilmuan yang lahir dari ilmu fisika juga tidak sedikit, sebut saja beberapa nama besar seperti Isac Newton, Galileo Galilei, Albert Einstein, dll.
Sangat banyak aspek yang dibahas di dalam dunia fisika mulai dari benda yang berukuran miskroskopis seperti atom hingga jagad raya yang berukuran jutaan tahun cahaya. Dengan demikian, fisika sangat penting dan menarik untuk dipelajari karena kita dapat mengetahui banyak rahasia alam yang dapat kita ketahui dengan mempelajari fisika.Salah satu subjek utama dalam fisika yaitu tentang gelombang. Gelombang sendiri berarti getaran yang merambat. Kita dapat menjumpai banyak contoh gelombang dalam kehidupan kita sehari-hari seperti pada air yang dijatuhi oleh sebuah benda, suara yang kita dengar hingga sinyal untuk Handphone yang kita pakai. Untuk melihat betapa pentingnya penerapan gelombang di zaman modern ini, mari kita membayangkan salah satu bagian yaitu industri musik. Setiap bagian musik yang kita dengar, baik itu dari penampilan sebuah band hingga konser akbar, bergantung pada gelombang yang dihasilkan oleh alat bunyi yang digunakan dan kita mendeteksinya dengan alat pendengaran kita. Alat-alat musik modern yang digunakan pun tidak lepas dari penerapan gelombang didalamnya. Semakin bagus penggunaan prinsip gelombang bunyi di dalamnya, tentunya akan menghasilkan kualitas suara yang baik pula.
Industri musik hanyalah bagian kecil dari penerapan gelombang, masih banyak lagi penerapan gelombang
lainnya. Bahkan untuk memeriksa bagian dalam tubuh seseorang, hingga kedalaman laut pun, penerapan gelombang memiliki andil yang besar di dalamnya.
Dengan melihat fakta penting diatas, apakah kita tertarik untuk mempelajari Fisika gelombang lebih jauh?

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan pesan jika posting ini berguna/menarik bagi anda. Thx before :-)