Senin, 08 Maret 2010

Ultrasonografi Menggunakan Gelombang Bunyi

Senin, 08 Maret 2010
Tahukan anda cara mengetahui keadaan janin seorang ibu hamil? Jika belum tahu, berarti anda cukup ketinggalan berita  (bercanda :-)).Ada banyak cara yang dapat digunakan oleh dokter untuk dapat mengetahui keadaan janin seorang ibu yang hamil. Tetapi karena janin adalah suatu bagian tubuh yang sensitif apalagi saat terkandung bayi di dalamnya, maka dibutuhkan cara yang relatif aman. Salah satu cara untuk mengetahui keadaan janin dengan gelombang bunyi adalah menggunakan Ultrasonografi dengan gelombang bunyi. Cara ini dianggap relatif aman karena hanya menggunakan gelombang bunyi (suara) dibanding cara lain yang menggunakan bahan-bahan kimia hingga sinar berenergi besar.

Apakah Ultrasonigrafi itu? Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan.


Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 megahertz. Sedangkan dalam fisika istilah “suara ultra” termasuk ke seluruh energi akustik dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.000 Hertz), penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi. Gambar disamping meperlihatkan seorang bayi dalam kandungan ibunya dengan sonogram (alat pendeteksi organ dalam dengan ultrasonografi).

Kegunaan
Sonograf ini menunjukkan citra kepala sebuah janin dalam kandungan.
Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan singkatan USG digunakan luas dalam medis. Pelaksanaan prosedur diagnosis atau terapi dapat dilakukan dengan bantuan ultrasonografi (misalnya untuk biopsi atau pengeluaran cairan). Biasanya menggunakan probe yang digenggam yang diletakkan di atas pasien dan digerakkan: gel berair memastikan penyerasian antara pasien dan probe.

Dalam kasus kehamilan, Ultrasonografi (USG) digunakan oleh dokter spesialis kandungan (DSOG) untuk memperkirakan usia kandungan dan memperkirakan hari persalinan. Dalam dunia kedokteran secara luas, alat USG (ultrasonografi) digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan diagnosa atas bagian tubuh yang terbangun dari cairan.
Ultrasonografi medis digunakan dalam:
* Kardiologi; lihat ekokardiografi
* Endokrinologi
* Gastroenterologi
* Ginekologi; lihat ultrasonografi ginekologik
* Obstetrik; lihat ultrasonografi obstetrik
* Ophthalmologi; lihat ultrasonografi A-scan, ultrasonografi B-scan
* Urologi
* Intravascular ultrasound
* Contrast enhanced ultrasound

(Adaptasi dari: Wikipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan pesan jika posting ini berguna/menarik bagi anda. Thx before :-)